Jumat, 05 Desember 2014
Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembelajaran
Pembelajaran yang efektif memerlukan
perencanaan yang matang, meskipun demikian dilapangan menunjukkan bahwa guru
memilih media dalam pengajaran atas
dasar beberapa pertimbangan. Arsyad (2009 : 67) menyatakan bahwa Pertimbangan
guru dalam mengajar yaitu ;
a. Ia merasa sudah akrab dengan media itu
(papan tulis dan proyektor transaparansi)
b. Ia merasa bahwa media yang dipilihnya
dapat menggambarkan lebih baik dari pada dirinya
c. Media yang dipilihnya dapat menarik
minat dan perhatian siswa, serta lebih terstruktur dan terorganisir.
Dalam
memilih media pembelajaran, menurut Ibrahim dan Suparni (2008 : 118) terdapat
beberapa prinsip yang perlu dipertimbangkan yaitu :
a. Prinsip kejelasan tentang maksud dan
tujuan pemilihan tersebut. Tujuan ini sendiri beraneka ragam, apakah untuk
keperluan rekreasi/hiburan, informasi umum atau bahkan lebih spesifik : belajar
kelompok, belajar individual untuk mecapai sasaran tertentu seperti anak
balita, orang dewasa, tuna netra, tuna rungu dan sebagainya.
b. Prinsip familiaritas media, artinya
seorang guru harus mengenal sifat dan ciri – ciri media.
c. Prinsip perbandingan yaitu artinya sejumlah media yang dapat diperbandingkan,
karena memilih media pada dasarnya adalah proses pengambilan keputusan dari
berbagai alternatife pemecahan masalah yang dituntut oleh tujuan.
d. Prinsip normal/patokan yang akan dicapai
dalam proses pemilihan media.
Dalam
praktek norma ini diterjemahkan lebih lanjut sebagai kriteria.
Ada
empat kriteria yang perlu diperhatikan sebagaimana dikemukakan oleh Dick and
Carey dalam Ibrahim dan Suparni (2008 : 119 ).
- Ketersediaan
sumber setempat, artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada
sumber-sumber yang ada maka harus dibeli atau dibuat sendiri.
- Apakah
untuk membeli atau diproduksi sendiri terlah tersedia dana, tenaga dan
fasilitasnya.
- Faktor
yang menyangkut keluwesan, kepraktisan dan ketahanan media yang digunakan
untuk jangka waktu yang lama, artinya bila digunakan dimana saja dengan
peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta mudah dibawa (fortable).
- Efektivitas
dan efisiensi biaya dalam jangka waktu yang cukup panjang, sekalipun
nampaknya mahal namun mungkin lebih murah dibandingkan media lainnya yang
hanya dapat digunakan sekali pakai.
Disamping kriteria terebut diatas
menurut Ibrahim dan Suparni (2008 : 119) terdapat pula beberapa kriteria
pemilihan media lainnya, antara lain :
- Aspek
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, artinya media yang dipilih selaras
dan menunjang tujuan yang telah ditetapkan.
- Ketepatgunaan
antara materi dengan media yang digunakan.
- Kondisi
siswa (warga belajar), seperti
faktor umum, intelegensi, latar belakang pendidikan, budaya dan
lingkungan warga belajar.
- Ketersediaan
perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
- Mutu
tehnis dan biaya.
Label:media,pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
Desember
(37)
- CIRI-CIRI KEMANDIRIAN
- MATEMATIKA SEKOLAH
- PENGERTIAN GEOMETRI
- HAKIKAT MATEMATIKA
- HAKIKAT DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- EVALUASI
- PILIHAN GANDA
- TES BUATAN GURU
- TES
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN
- TEKNIK PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- MOTIVASI
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- Membangun kemampuan berpikir kritis siswa
- Teknik pengukuran kemampuan berpikir kritis
- Pengertian metode probing prompting
- Pengertian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran
- MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
- KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
- PENGERTIAN KOMPETENSI GURU SOSIAL
- INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
- PENGERTIAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
- Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap...
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
- FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
- Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembela...
- Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Audio Visual
- Multimedia Pembelajara
- Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- HASIL BELAJAR
-
▼
Desember
(37)
0 komentar:
Posting Komentar