Jumat, 05 Desember 2014

Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembelajaran


       Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang matang, meskipun demikian dilapangan menunjukkan bahwa guru memilih media dalam  pengajaran atas dasar beberapa pertimbangan. Arsyad (2009 : 67) menyatakan bahwa Pertimbangan guru dalam mengajar yaitu ;

a.       Ia merasa sudah akrab dengan media itu (papan tulis dan proyektor transaparansi)
b.      Ia merasa bahwa media yang dipilihnya dapat menggambarkan lebih baik dari pada dirinya
c.       Media yang dipilihnya dapat menarik minat dan perhatian siswa, serta lebih terstruktur dan terorganisir.
Dalam memilih media pembelajaran, menurut Ibrahim dan Suparni (2008 : 118) terdapat beberapa prinsip yang perlu dipertimbangkan yaitu :
a.       Prinsip kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan tersebut. Tujuan ini sendiri beraneka ragam, apakah untuk keperluan rekreasi/hiburan, informasi umum atau bahkan lebih spesifik : belajar kelompok, belajar individual untuk mecapai sasaran tertentu seperti anak balita, orang dewasa, tuna netra, tuna rungu dan sebagainya.
b.      Prinsip familiaritas media, artinya seorang guru harus mengenal sifat dan ciri – ciri media.
c.       Prinsip perbandingan yaitu artinya  sejumlah media yang dapat diperbandingkan, karena memilih media pada dasarnya adalah proses pengambilan keputusan dari berbagai alternatife pemecahan masalah yang dituntut oleh tujuan.
d.      Prinsip normal/patokan yang akan dicapai dalam proses pemilihan media.
Dalam praktek norma ini diterjemahkan lebih lanjut sebagai kriteria.
Ada empat kriteria yang perlu diperhatikan sebagaimana dikemukakan oleh Dick and Carey dalam Ibrahim dan Suparni (2008 : 119 ).
  1. Ketersediaan sumber setempat, artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sumber yang ada maka harus dibeli atau dibuat sendiri.
  2. Apakah untuk membeli atau diproduksi sendiri terlah tersedia dana, tenaga dan fasilitasnya.
  3. Faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktisan dan ketahanan media yang digunakan untuk jangka waktu yang lama, artinya bila digunakan dimana saja dengan peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta mudah dibawa (fortable).
  4. Efektivitas dan efisiensi biaya dalam jangka waktu yang cukup panjang, sekalipun nampaknya mahal namun mungkin lebih murah dibandingkan media lainnya yang hanya dapat digunakan sekali pakai.

        Disamping kriteria terebut diatas menurut Ibrahim dan Suparni (2008 : 119) terdapat pula beberapa kriteria pemilihan media lainnya, antara lain :

  1. Aspek tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, artinya media yang dipilih selaras dan menunjang tujuan yang telah ditetapkan.
  2. Ketepatgunaan antara materi dengan media yang digunakan.
  3. Kondisi siswa (warga belajar), seperti  faktor umum, intelegensi, latar belakang pendidikan, budaya dan lingkungan warga belajar.
  4. Ketersediaan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
  5. Mutu tehnis dan biaya.

0 komentar: