Jumat, 12 Desember 2014
KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Telah dikemukakan di muka bahwa, media
pembelajaran adalah bagian dari sistem instruksional (Munadhi 2008, 187). Berdasarkan komponen-komponen dari sistem
instruksional inilah kriteria pemilihan media dibentuk sesuai dengan
karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, sifat bahan ajar, pengadaan media,
dan sifat pemanfaatan media. Di bawah ini penjelasan dari lima hal tersebut.
1.
Karakteristik
siswa
Karakteristik siswa adalah
keseluruhan pola kelakuan dan kemampuan yang ada pada diri siswa sebagai hasil
dari pembawaan dan pengalamannya. Karakteristik siswa dapat dilihat dari
kemampuan awal (prerequite skils) yakni kemampuan yang diperlukan untuk
mencapai tujuan pembelajaran dan karakteristik yang berhubungan dengan latar
belakang, lingkungan hidup dan status social.
2.
Tujuan
pembelajaran
Dasar pertimbangan dalam
pemilihan media lainnya adalah tujuan pembelajaran. Adapun tujuan pembelajaran
yang diharapkan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
3.
Sifat bahan
ajar
Isi bahan ajar memiliki
keragaman dan menuntut adanya aktivitas dari para siswa. Dengan demikian akan
mempengaruhi pemilihan media serta pemanfaatannya. Menurut B. Diedrich dalam
Munadhi (2008, 190) aktifvitas siswa
dalam belajar di sekolah terdapat 177 jenis. Kemudian dikelompokkan menjadi 8
kelompok, yaitu Visual activities, Oral
activities, Listening activities, Writing activities, Drawing activities, Motor
activities, Mental activities, dan Emotional
activities.
4.
Pengadaan
media
Menurut Sadiman (1996, 83), media dapat dibagi menjadi dua
macam yaitu media jadi (by utilization)
dan media rancangan (by design).
Media jadi yaitu media yang sudah menjadi komoditi perdagangan, sedangkan media
rancangan yaitu media yang dirancang khusus untuk mencapai suatu tujuan
pembelajaran tertentu.
5.
Sifat
pemanfaatan media
Dilihat dari sifat
pemanfaatannya, media pembelajaran terbagi atas media primer dan media skunder.
Media primer yaitu media yang diperlukan atau harus digunakan guru untuk
membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Sedangkan media skunder yakni media
yang dapat dijadikan sumber belajar dimana para siswa dapat belajar secara
mandiri atau kelompok.
Menurut
Walker dan Hess dalam (Kustandi dan Sutjipto
2011, 145) memberikan kriteria dalam me-review media pembelajaran
yang berdasarkan kualitas, yaitu:
1.
Kualitas isi
dan tujuan
a.
Ketepatan
b.
Kepentingan
c.
Kelengkapan
d.
Keseimbangan
e.
Minat atau
perhatian
f.
Keadilan
g.
Kesesuaian
dengan situasi
2.
Kualitas
pembelajaran
a.
Memberikan
kesempatan belajar
b.
Memberikan
bantuan untuk belajar
c.
Kualitas
memotivasi
d.
Fleksibilitas
pembelajarannya
e.
Hubungan
dengan program pembelajarannya
f.
Kualitas
sosial interaksi pembelajarannya
g.
Kualitas tes
dan penilaiannya
h.
Dapat memberi
dampak bagi siswa
i.
Dapat membawa
dampak bagi guru dan pembelajarannya
3.
Kualitas
teknis
a.
Keterbacaan
b.
Mudah
digunakan
c.
Kualitas
tampilan atau tayangan
d.
Kualitas
penangnan jawaban
e.
Kualitas
pengelolaan programnya
f.
Kualitas
pendokumentasiannya
Label:Kriteria,media,pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
Desember
(37)
- CIRI-CIRI KEMANDIRIAN
- MATEMATIKA SEKOLAH
- PENGERTIAN GEOMETRI
- HAKIKAT MATEMATIKA
- HAKIKAT DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- EVALUASI
- PILIHAN GANDA
- TES BUATAN GURU
- TES
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN
- TEKNIK PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- MOTIVASI
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- Membangun kemampuan berpikir kritis siswa
- Teknik pengukuran kemampuan berpikir kritis
- Pengertian metode probing prompting
- Pengertian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran
- MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
- KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
- PENGERTIAN KOMPETENSI GURU SOSIAL
- INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
- PENGERTIAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
- Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap...
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
- FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
- Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembela...
- Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Audio Visual
- Multimedia Pembelajara
- Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- HASIL BELAJAR
-
▼
Desember
(37)
0 komentar:
Posting Komentar