Jumat, 05 Desember 2014
Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
Media pembelajaran dapat
diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi tergantung dari sudut mana
melihatnya (Sanjaya, 2009 : 211).
a. Dilihat dari sifatnya media dapat dibagi
ke dalam:
-
Media
Auditif, yaitu media yang hanya dapat didengaar saja, seperti radio dan rekaman
suara.
-
Media
visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur
suara, seperti film slide, foto, transparasi, lukisan, gambar dan sebagainya.
-
Media
Audiovisual yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga
mengandung unur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, berbagai ukuran
film, slide suara dan sebagainya.
b. Dilihat dari kemampuan jangkauannya,
media dapat dibagi kedalam :
-
Media
yang memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televisi.
-
Media
yang memiliki daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu seperti film slide,
film, video dan sebagainya.
c. Dilihat dari cara atau teknik
pemakaiannya, media dapat dibagi kedalam :
-
Media
yang diproyeksikan seperti film, slide, film strip, transaparasi dan
sebagainya.
-
Media
yang tidak diproyeksikan seperti gambar, foto, lukisan radio dan sebagainya.
Dilihat
dari jenisnya, menurut Ibrahim dan suparni (2008 : 116) media pembelajaran
meliputi :
a. Media Visual
Media
visual merupakan sajian yang mengandung pesan yang menyampaikan melalui indera
penglihatan. Media visual dapat dikelompokkan menjadi media visual yang
materinya tidak diproyeksikan seperti foto, grafis, model, dan realita dan
media visual yang materinya diproyeksikan yaitu OHP, LCD dan lain-lain.
b. Media audio
Media
audio adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja. Media audio
dapat dibagi menjadi media audio yang menggunakan alat perekam dan media audio
yang menggunakan pemancaran gelombang radio.
c. Media audio visual
Media
audio visual terdiri atas paduan foto dan suara, paduan slide dan suara, film suara.
Berbagai macam media pembelajaran yang
telah disebutkan seperti diatas patutnya seorang guru bisa memilih media
pembelajaran yang tepat sehingga pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat
mampu menunjang hasil belajar siswa dan dapat mengemas materi yang akan
disampaikan dengan maksimal. Pemilihan media pembelajaran yang tepat juga dapat
lebih mengefektifkan waktu dan tenaga sehingga guru tidak mengalami rasa cape
apalagi mengajar dengan materi yang sama beberapa kelas.
Label:media,pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
Desember
(37)
- CIRI-CIRI KEMANDIRIAN
- MATEMATIKA SEKOLAH
- PENGERTIAN GEOMETRI
- HAKIKAT MATEMATIKA
- HAKIKAT DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- EVALUASI
- PILIHAN GANDA
- TES BUATAN GURU
- TES
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN
- TEKNIK PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- MOTIVASI
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- Membangun kemampuan berpikir kritis siswa
- Teknik pengukuran kemampuan berpikir kritis
- Pengertian metode probing prompting
- Pengertian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran
- MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
- KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
- PENGERTIAN KOMPETENSI GURU SOSIAL
- INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
- PENGERTIAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
- Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap...
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
- FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
- Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembela...
- Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Audio Visual
- Multimedia Pembelajara
- Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- HASIL BELAJAR
-
▼
Desember
(37)
0 komentar:
Posting Komentar