Senin, 08 Desember 2014

Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap kreativitas belajar matematika


Di usia sekolah, anak mampu melihat pola dari pertanyaan matematika yang disodorkan gurunya. Penemuan pola atau yang disebut juga rumus ini membuat anak mampu mengerjakan soal matematika lebih cepat dibanding teman-temannya.

Sebagai orang yang kreatif, guru menyadari bahwa kreativitas merupakan yang universal dan oleh karenanya semua kegiatan ditopang, dibimbing dan dibangkitkan oleh kesadaran itu. Guru senantiasa berusaha untuk menemukan cara yang lebih baik dalam melayani peserta didik.
Salah satu tugas guru adalah sebagai demonstrator, guru hendaknya senantiasa menguasai materi pembelajaran dan senantiasa mengembangkan kemampuan dalam bidang ilmu yang dimilikinya, guru juga harus bisa mengoptimalkan  kompetensi sosial serta memberikan dorongan motivasi agar siswa bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki, karena hal ini akan sangat menentukan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik.[1]
Kompetensi sosial guru merupakan kemampuan seorang guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, baik dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Dari komunikasi itulah tercipta interaksi yang positif untuk siswa belajar matematika lebih giat, sehingga akan mengakibatkan kreativitas belajar matematika siswa lebih meningkat.



[1] E. Mulyasa3. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya, hal. 192

0 komentar: