Minggu, 14 Desember 2014

Pengertian Media Pembelajaran


Media pembelajaran terdiri dari dua kata yaitu media dan pembelajaran, sebelum memahami media pembelajaran tersebut seyogyanya kita pahami terlebih dahulu pengertian dari media itu sendiri dan pengertian dari pembelajaran.
Menurut Basyiruddin, (2002, 11) Kata media berasal dari bahasa latin yang berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Sedangkan menurut AECT (Association of Education and Communication Teachnology), media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi (Uno 2010, 121).


Menurut  Education  Association  (NEAdalam  (Basyiruddin 2002, 11)   mendefinisikan media sebagai benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar dapat mempengaruhi efektifitas program instructional.

Definisi  media  yang  diutarakan  oleh  (NEA)  tersebut Asnawir dan Basyirudin Usman (Basyiruddin 2002, 11) menyimpulkan bahwa pengertian  media  merupakan    sesuatu  yang  bersifat  menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya, penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan audien (siswa) untuk belajar lebih baik dan dapat meningkatkan performan mereka sesuai tujuan yang ingin dicapai. Sedang  pengertiaPembelajaran  adalah  proses  komunikasi antara  pembelajar,  pengajar  dan  bahan  ajar. Dapat dikatakan  bahwabentuk  komunikasi  tidaakan  berjalan  tanpa bantuan sarana untuk menyampaikan pesan.
Gagne dan Briggs dalam Arsyad (2010, 4) mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder, film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer. Dalam pengertian yang lebih  luas  media pembelajaraadalaalat,  metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar dalam proses pembelajaran di kelas.
Peranan media  pembelajaran  menurut  Kemp, dkk. Dalam Uno, (2011, 116) adalah:
1.             Penyajian materi ajar menjadi lebih standar
2.             Pembelajaran lebih jelas dan ,menarik
3.             Proses pembelajaran lebih interaksi
4.             Efisiensi waktu dan tenaga
5.             Meningkatkan kualitas hasil belajar
6.             Belajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja
7.             Menumbuhkan sikap positif belaja terhadap proses dan materi belajar
8.             Meningkatkan peran guru kearah yang lebih positif dan produktif
                                                                                                                                                      



0 komentar: