Minggu, 14 Desember 2014
Pengertian Media Pembelajaran
Media
pembelajaran terdiri dari dua kata yaitu media
dan pembelajaran,
sebelum memahami
media pembelajaran tersebut seyogyanya
kita pahami terlebih dahulu pengertian dari media itu
sendiri dan pengertian
dari
pembelajaran.
Menurut Basyiruddin, (2002, 11) Kata
media
berasal dari
bahasa latin yang berarti perantara atau pengantar. Media adalah
perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Sedangkan menurut
AECT (Association of Education and Communication Teachnology), media
adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau
informasi (Uno 2010, 121).
Menurut Education Association
(NEA) dalam
(Basyiruddin 2002, 11)
mendefinisikan media
sebagai benda yang dimanipulasikan, dilihat,
didengar, dibaca
atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan dengan baik
dalam
kegiatan belajar mengajar
dapat
mempengaruhi efektifitas program instructional.
Gagne dan Briggs dalam Arsyad (2010, 4) mengatakan bahwa media pembelajaran
meliputi alat secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran,
yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder,
film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik, televisi, dan
komputer. Dalam
pengertian yang lebih luas media pembelajaran
adalah alat, metode dan teknik yang
digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan
komunikasi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar
dalam
proses pembelajaran
di kelas.
Peranan
media pembelajaran menurut
Kemp, dkk. Dalam Uno, (2011, 116) adalah:
1.
Penyajian
materi ajar menjadi lebih standar
2.
Pembelajaran lebih jelas
dan ,menarik
3.
Proses pembelajaran
lebih
interaksi
4.
Efisiensi
waktu dan tenaga
5.
Meningkatkan kualitas hasil belajar
6.
Belajar dapat dilakukan kapan
saja dan di mana saja
7.
Menumbuhkan sikap positif belajar terhadap proses dan materi
belajar
8.
Meningkatkan peran guru kearah yang lebih
positif dan produktif
Label:media,pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
Desember
(37)
- CIRI-CIRI KEMANDIRIAN
- MATEMATIKA SEKOLAH
- PENGERTIAN GEOMETRI
- HAKIKAT MATEMATIKA
- HAKIKAT DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- EVALUASI
- PILIHAN GANDA
- TES BUATAN GURU
- TES
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN
- TEKNIK PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- MOTIVASI
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- Membangun kemampuan berpikir kritis siswa
- Teknik pengukuran kemampuan berpikir kritis
- Pengertian metode probing prompting
- Pengertian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran
- MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
- KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
- PENGERTIAN KOMPETENSI GURU SOSIAL
- INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
- PENGERTIAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
- Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap...
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
- FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
- Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembela...
- Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Audio Visual
- Multimedia Pembelajara
- Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- HASIL BELAJAR
-
▼
Desember
(37)
0 komentar:
Posting Komentar