Selasa, 02 Desember 2014
Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Perkembangan tekonologi informasi dan
komunikasi yang berkembang saat ini sangat berpengaruh terhadap pendidikan.
Dengan adanya teknologi yang modern memungkinkan sekali para guru memanfaatkan
tekonologi tersebut yang akan dijadikan sebagai media pembelajaran. Dengan
digunakannya media sebagai bahan ajar tidak dipungkiri bahwa siswa akan lebih
aktif , pembelajaran akan lebih bervariatif, inovatif dan menyenangkan.
Menurut
Raharjo (2009 : 135 ) Secara lebih rinci pilihan teknologi untuk pendidikan
mulai dari yang sederhana sampai yang paling canggih dan mutakhir dikelolompokan
oleh SHUTE sebagai berikut :
a. Teknologi audio yaitu teknologi yang
memfokuskan pada indera pendengaran dan bentuknya yang sederhana adalah
telepon. Sebagai media komunikasi telepon dapat dimanfaatkan untuk tujuan
pendidikan dan belajar.
b. Teknologi audio dan data, salah satu
kelemahan teknologi audio adalah tidak adanya visual dalam proses pembelajaran
tersebut. Perpaduan kemampuan audio dari telepon dan kemampuan data komputer
telah melahirkan aplikasi belajar jarak jauh yang disebut audiografis.
c. Teknologi video, teknologi ini meliputi
kaset video, siaran video satu arah, siaran radio dua arah. Program video ini
juga dapat disiarkan secara satu arah untuk mengkomunikasikan kebijakan
pengelola lembaga pendidikan maupun untuk menunjang proses pembelajaran.
d. Computer based training, pendidikan dan
pelatihan berbasis komputer ini merupakan bentuk lain dari aplikasi teknologi
untuk pendidikan yang menggunakan komputer sebagai alat untuk menyampaikan
pelajaran atau mengelola pengalaman belajar.
e. Komputer konferensi, teknologi ini
merupakan pemayung berbagai kegiatan penerapan teknologi komputer untuk
menunjang komunikasi antar manusia.
f. Pendidikan dan pelatihan internet,
internet merupakan teknologi yang memberikan landasan yang kuat bagi penciptaan
lingkungan belajar yang kaya dan luwes, serta memenuhi kebutuhan pendidikan dan
pelatihan.
Label:pembelajaran,TIK
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
Desember
(37)
- CIRI-CIRI KEMANDIRIAN
- MATEMATIKA SEKOLAH
- PENGERTIAN GEOMETRI
- HAKIKAT MATEMATIKA
- HAKIKAT DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- EVALUASI
- PILIHAN GANDA
- TES BUATAN GURU
- TES
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN
- TEKNIK PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- MOTIVASI
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- Membangun kemampuan berpikir kritis siswa
- Teknik pengukuran kemampuan berpikir kritis
- Pengertian metode probing prompting
- Pengertian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran
- MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
- KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
- PENGERTIAN KOMPETENSI GURU SOSIAL
- INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
- PENGERTIAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
- Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap...
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
- FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
- Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembela...
- Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Audio Visual
- Multimedia Pembelajara
- Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- HASIL BELAJAR
-
▼
Desember
(37)
0 komentar:
Posting Komentar