Sabtu, 06 Desember 2014

FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN


       Menurut Hamalik (1986 : 30 – 31) bahwa fungsi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar yaitu dapat memberikan pengertian/konsep yang sebenarnya secara realistis dan teliti, membangkitkan keinginan dan minat – minat yang baru, membangkitkan motivasi dan perangsang kegiatan belajar, dan memberikan pengalaman yang menyeluruh. Pengalaman – pengalaman yang kongkrit lambat laun menjadi/berintegrasi menjadi pengertian/kesimpulan yang abstrak.

Levie dan Lentz dalam Arsyad (2009: 16-17) mengemukakan empat fungsi media pembelajaran yaitu :
a.       Fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.      Fungsi afektif, media dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat mengubah emosi  dan sikap siswa, misalnya informasi menyangkut masalah sosial.
c.       Fungsi kognitif, media dapat terlihat dari temuan–temuan penelitian yang menggunakan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
d.      Fungsi kompesantoris, media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca atau mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.
       Menurut kemp dan Dayton (1985) dalam Uno (2008 : 16) menjabarkan sejumlah manfaat media dalam kegiatan pembelajaran antara lain :
a.       Penyajian materi ajar menjadi lebih standar
b.      Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik
c.       Pembelajaran menjadi lebih interaktif
d.      Waktu pengajaran dapat dipersingkat
e.       Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan
f.       Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
g.      Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
h.      Peran guru berubah kearah yang positif
Sudjana dan Rivai dalam Arsyad (2009 : 24) mengemukakan manfaat  media pembelajaran dalam proses belajar siswa yaitu :
a.       Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar ;
b.      Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran;
c.       Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata – mata komunikasi verbal melalui penuturan kata – kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan  dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran;

d.      Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktifitas lainnya seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan dan lain-lain.

0 komentar: