Rabu, 10 Desember 2014
INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
Indikator
kompetensi sosial guru
1. Membenatu
mengembangkan sikap positif pada diri murid
a. Membantu siswa untuk menyadari kekuatan dan kelemahan
diri sendiri
b. Membantu siswa untuk menumbuhkan kepercayaan diri
c. Membantu mengungkapkan buah pikiran dan perasaan siswa
d. Menunjukan sikap simpatik dan sensitif terhadap
kesulitan siswa
e. Menunjukan sikap keramahan, penuh pengertian dan
kesadaran baik terhadap siswa
2. Menampilkan
kegairahan dalam KBM
a. Menunjukan kegairahan dalam mengajar
b. Memberikan kesan kepada siswa bahwa ia menguasai
materi dan mengajarkannya
3. Mengelola
interaksi perilaku di dalam kelas
a. Mengembangkan hubungan pribadi yang sehat dan serasi
b. Memberikan tuntutan agar interaksi antar siswa
terpelihara dengan baik
Menuurut E.
Mulyasa bahwa kompetensi sosial merupakan kemampuan guru sebagai bagian dari
masyarakat, yang sekurang-kurangnya memiliki kompetensi untuk:[2]
1)
Berkomunikasi secara lisan, tulisan dan isyarat
2)
Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
3)
Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga
kependidikan, orang tua/wali peserta didik.
Dapat
disimpulkan bahwa indikator dari kompetensi sosial guru adalah sebagai berikut:
1) Membantu mengembangkan sikap positif
pada diri murid secara lisan ,
tulisan dan isyarat
a) Membantu siswa untuk menyadari kekuatan dan kelemahan
diri sendiri dalam belajar matematika
b) Membantu
siswa untuk menumbuhkan kepercayaan diri dalam belajar matematika
c) Membantu mengungkapkan buah pikiran dan perasaan siswa
dalam belajar matematika
d) Menunjukan sikap simpatik dan sensitif terhadap
kesulitan siswa dalam mengajar matematika
e) Menunjukan sikap keramahan, penuh pengertian dan
kesadaran baik terhadap siswa dalam mengajar matematika
2)
Menampilkan
kegairahan dalam KBM dengan
menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
a)
Menunjukan kegairahan dalam mengajar matematika
b)
Memberikan kesan kepada siswa bahwa ia menguasai materi dan
mengajarkannya
3) Mengelola interaksi perilaku di dalam
kelas
a) Mengembangkan hubungan pribadi yang sehat dan serasi
di dalam kelas
b) Memberikan tuntutan agar interaksi antar siswa
terpelihara dengan baik
Label:guru,Indikator,kompetensi,sosial
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
Desember
(37)
- CIRI-CIRI KEMANDIRIAN
- MATEMATIKA SEKOLAH
- PENGERTIAN GEOMETRI
- HAKIKAT MATEMATIKA
- HAKIKAT DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- EVALUASI
- PILIHAN GANDA
- TES BUATAN GURU
- TES
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN
- TEKNIK PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- MOTIVASI
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- Membangun kemampuan berpikir kritis siswa
- Teknik pengukuran kemampuan berpikir kritis
- Pengertian metode probing prompting
- Pengertian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran
- MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
- KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
- PENGERTIAN KOMPETENSI GURU SOSIAL
- INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
- PENGERTIAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
- Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap...
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
- FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
- Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembela...
- Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Audio Visual
- Multimedia Pembelajara
- Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- HASIL BELAJAR
-
▼
Desember
(37)
Ijin merujuk yak ?
BalasHapus