Jumat, 12 Desember 2014
MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
Ariani dan Haryanto (2010, 1) menyatakan secara etimologi
multimedia berasal dari kata “multi” yang berarti banyak atau bermacam-macam,
dan “medium” berarti sesuatu yang diipakai untuk menyampaikan atau membawa
sesuatu. Multimedia adalah media
yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis,
gambar, foto, audio, video, dan animasi secara
terintegrasi. (Ariani dan Haryanto 2010, 25)
Daryanto (2011, 53) mengemukakan bahwa karakteristik multimedia pembelajaran adalah: (1)
memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur
audio dan visual; (20 bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan
untuk mengakomodasi respons pengguna; dan (3) bersifat mandiri, dalam
pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga
pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain. Kustandi dan Sutjipto (2011, 78) kelebihan multimedia yaitu
memberikan kemudahan kepada siswa belajar secara individual maupun kelompok,
memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi, dan meningkatkan
motivasi belajar.
Akhir-akhir ini pembelajaran dengan
komputer memunculkan pembaharuan dalam pembelajaran matematika dimana komputer digunakan
sebagai alat bantu atau mindtools. Sebagai mindtools komputer bukan hanya jadi
guru yang memaparkan suatu materi tetapi juga sebagai “partner” intelektual,
membantu siswa mengkonstruksi pengetahuan, mendukung kemampuan eksplorasi siswa
pada suatu topik tertentu, dan membantu siswa memahami keterkaitan antar konsep.
Dengan menggunakan komputer siswa
dimungkinkan merepresentasikan gagasannya dalam berbagai cara, baik tulisan,
gambar maupun verbal. Visualisasi dan animasi konsep matematika dengan mudah
dapat dilakukan dengan memanfaatkan komputer. Dengan visualisasi dan animasi
akan membantu siswa memahami konsep matematika yang abstrak dari hal-hal yang
lebih kongkrit.
Label:komputer,multimedia
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
Desember
(37)
- CIRI-CIRI KEMANDIRIAN
- MATEMATIKA SEKOLAH
- PENGERTIAN GEOMETRI
- HAKIKAT MATEMATIKA
- HAKIKAT DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- EVALUASI
- PILIHAN GANDA
- TES BUATAN GURU
- TES
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN
- TEKNIK PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- MOTIVASI
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- Membangun kemampuan berpikir kritis siswa
- Teknik pengukuran kemampuan berpikir kritis
- Pengertian metode probing prompting
- Pengertian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran
- MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
- KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
- PENGERTIAN KOMPETENSI GURU SOSIAL
- INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
- PENGERTIAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
- Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap...
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
- FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
- Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembela...
- Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Audio Visual
- Multimedia Pembelajara
- Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- HASIL BELAJAR
-
▼
Desember
(37)
0 komentar:
Posting Komentar