Jumat, 12 Desember 2014

MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER

Ariani dan Haryanto (2010, 1) menyatakan secara etimologi multimedia berasal dari kata “multi” yang berarti banyak atau bermacam-macam, dan “medium” berarti sesuatu yang diipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi. (Ariani dan Haryanto 2010, 25)

Daryanto (2011, 53) mengemukakan bahwa karakteristik multimedia pembelajaran adalah: (1) memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual; (20 bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respons pengguna; dan (3) bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain. Kustandi dan Sutjipto (2011, 78) kelebihan multimedia yaitu memberikan kemudahan kepada siswa belajar secara individual maupun kelompok, memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi, dan meningkatkan motivasi belajar.
Akhir-akhir ini pembelajaran dengan komputer memunculkan pembaharuan dalam pembelajaran matematika dimana komputer digunakan sebagai alat bantu atau mindtools. Sebagai mindtools komputer bukan hanya jadi guru yang memaparkan suatu materi tetapi juga sebagai “partner” intelektual, membantu siswa mengkonstruksi pengetahuan, mendukung kemampuan eksplorasi siswa pada suatu topik tertentu, dan membantu siswa memahami keterkaitan antar konsep.

Dengan menggunakan komputer siswa dimungkinkan merepresentasikan gagasannya dalam berbagai cara, baik tulisan, gambar maupun verbal. Visualisasi dan animasi konsep matematika dengan mudah dapat dilakukan dengan memanfaatkan komputer. Dengan visualisasi dan animasi akan membantu siswa memahami konsep matematika yang abstrak dari hal-hal yang lebih kongkrit.

0 komentar: