Senin, 01 Desember 2014

HASIL BELAJAR


       Belajar dan mengajar sebagai suatu proses mengandung tiga unsur yang meliputi tujuan pengajaran (instruksional), pengalaman dalam proses belajar mengajar dan hasil belajar. Terjadi atau tidaknya suatu tujuan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai.

       Sehubungan dengan hasil belajar, Sudjana (1995 : 22) menyatakan bahwa “hasil belajar adalah kemampuan – kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”. Kingsley dalam Sudjana (2005 : 22) membagi tiga macam hasil belajar yakni  (a). Ketrampilan  dan kebiasaan, (b) pengetahuan  dan pengertian, (c). Sikap dan cita – cita. Sedangkan Gagne dalam Sudjana (2005 :22) membagi hasil belajar yakni (a). Informasi verbal, (b). ketrampilan intelektual, (c). Strategi kognitif (d) sikap dan (e) ketrampilan motoris.
        Menurut Surya (2004 : 17) hasil pembelajaran adalah perubahan perilaku individu. Individu akan memperoleh perilaku yang baru, menetap, fungsional, positif, disadari dan sebagainya. Perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran ialah perilaku secara keseluruhan yang mencakup aspek kognitif, afektif dan motorik.
       Menurut Abdurrahman (2003 : 37) hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Anak dikaitkan berhasil dalam belajar jika ia berhasil mencapai tujuan-tujuan instruksional.
       Menurut Liebeck dalam Abdurrahman (2003 :253) ada dua hasil belajar matematika yang harus dikuasai oleh siswa yaitu perhitungan matematis (Mathematics calculation) dan penalaran matematis (mathematics reasoning).
Menurut Bloom dalam abdurrahman (2003:38) ada tiga ranah (domain) hasil belajar, yaitu kognitif, afektif  dan psikomotor. Menurut Romiszowski dalam Abdurrahman (2003 :38) hasil belajar merupakan keluaran (outputs) dari suatu sistem pemrosesan masukan (inputs). Masukkan dari sistem tersebut berupa bermacam-macam informasi sedangkan keluarannya adalah perbuatan atau kinerja (performance).
       Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan ketrampilan, sikap dan ketrampilan yang diperoleh siswa setelah ia menerima perlakuan yang diberikan oleh guru sehingga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari. Hasil belajar merupakan suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah dilakukan berulang – ulang.
       Belajar dan mengajar sebagai suatu proses mengandung tiga unsur yang meliputi tujuan pengajaran (instruksional), pengalaman dalam proses belajar mengajar dan hasil belajar. Terjadi atau tidaknya suatu tujuan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai.
       Sehubungan dengan hasil belajar, Sudjana (1995 : 22) menyatakan bahwa “hasil belajar adalah kemampuan – kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”. Kingsley dalam Sudjana (2005 : 22) membagi tiga macam hasil belajar yakni  (a). Ketrampilan  dan kebiasaan, (b) pengetahuan  dan pengertian, (c). Sikap dan cita – cita. Sedangkan Gagne dalam Sudjana (2005 :22) membagi hasil belajar yakni (a). Informasi verbal, (b). ketrampilan intelektual, (c). Strategi kognitif (d) sikap dan (e) ketrampilan motoris.
        Menurut Surya (2004 : 17) hasil pembelajaran adalah perubahan perilaku individu. Individu akan memperoleh perilaku yang baru, menetap, fungsional, positif, disadari dan sebagainya. Perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran ialah perilaku secara keseluruhan yang mencakup aspek kognitif, afektif dan motorik.
       Menurut Abdurrahman (2003 : 37) hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Anak dikaitkan berhasil dalam belajar jika ia berhasil mencapai tujuan-tujuan instruksional.
       Menurut Liebeck dalam Abdurrahman (2003 :253) ada dua hasil belajar matematika yang harus dikuasai oleh siswa yaitu perhitungan matematis (Mathematics calculation) dan penalaran matematis (mathematics reasoning).
Menurut Bloom dalam abdurrahman (2003:38) ada tiga ranah (domain) hasil belajar, yaitu kognitif, afektif  dan psikomotor. Menurut Romiszowski dalam Abdurrahman (2003 :38) hasil belajar merupakan keluaran (outputs) dari suatu sistem pemrosesan masukan (inputs). Masukkan dari sistem tersebut berupa bermacam-macam informasi sedangkan keluarannya adalah perbuatan atau kinerja (performance).

       Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan ketrampilan, sikap dan ketrampilan yang diperoleh siswa setelah ia menerima perlakuan yang diberikan oleh guru sehingga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari. Hasil belajar merupakan suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah dilakukan berulang – ulang.

0 komentar: