Rabu, 03 Desember 2014
Multimedia Pembelajara
Menurut Daryanto (2012 : 53) mengemukakan bahwa Multimedia terbagi
menjadi dua kategori yaitu : multimedia linier dan multimedia interaktif.
Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat
pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna, multimedia ini
berjalan sekuensial (berurutan) contohnya tv dan film. Multimedia Interaktif
adalah suatu media yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat
dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki
untuk proses selanjutnya. Contohnya aplikasi game.
Menurut Munadi ( 2013 : 57) Multimedia yaitu media yang melibatkan
berbagai indera dalam sebuah proses pembelajaran. Termasuk dalam media ini
adalah segala sesuatu yang memberikan pengalaman secara langsung bisa melalui
komputer dan internet, bisa juga melalui pengalaman berbuat dan pengalaman
terbuat. Menurut Raharjo (2009 : 159) Multimedia adalah media yang menggungkan
dua unsur atau lebih yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video
dan animasi secara terintegrasi.
Beberapa
model multimedia interaktif dalam sanjaya (2009 : 221) diantaranya meliputi :
a. Model Drill dan Practise
Model
driil dalam CBI pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang
bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit melalui penciptaan
tiruan – tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
b. Model Tutorial
Model
tutorial merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang
berisi materi pelajaran. Metode tutorial dalam CAI pola dasarnya mengikuti pengajaran
berprogram tipe branching dimana informasi/mata pelajaran disajikan
dalam unit – unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan. Respon siswa
dianalisis oleh komputer (diperbandingkan dengan jawaban yang diintegrasikan
oleh penulis program) dan umpan baliknya yang benar diberikan. Program ini juga
menuntut siswa untuk mengaplikasikan ide dan pengetahuan yang dimilikinya
secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
c. Model Simulasi
Model
simulasi pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan
pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penciptaan tiruan – tiruan bentuk
pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
d. Model Games
Model
game atau model permainan, dikembangkan berdasarkan atas “pembelajaran
menyenangkan”, dimana peserta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk atau
aturan permainan. Dalam konteks pembelajaran sering disebut dengan Intructional
Games.
e.
Model Eksperimen atau Percobaan
Format ini
mirip dengan format simulasi, namun lebih ditujukan pada kegiatan – kegiatan
yang bersifat eksperimen, seperti kegiatan praktikum di laboratorium IPA,
Biologi atau Kimia. Program menyediakan serangkaian peralatan dan bahan,
kemudian pengguna bisa melakukan percobaan atau eksperimen sesuai petunjuk dan
kemudia mengembangkan eksperimen – eksperimen lain berdasarkan petunjuk
tersebut.
Label:multimedia,pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
Desember
(37)
- CIRI-CIRI KEMANDIRIAN
- MATEMATIKA SEKOLAH
- PENGERTIAN GEOMETRI
- HAKIKAT MATEMATIKA
- HAKIKAT DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- EVALUASI
- PILIHAN GANDA
- TES BUATAN GURU
- TES
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN
- TEKNIK PENGUKURAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- MOTIVASI
- PENGERTIAN BERPIKIR KRITIS
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
- KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS
- Membangun kemampuan berpikir kritis siswa
- Teknik pengukuran kemampuan berpikir kritis
- Pengertian metode probing prompting
- Pengertian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran
- MULTI MEDIA BERBASIS KOMPUTER
- KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
- PENGERTIAN KOMPETENSI GURU SOSIAL
- INDIKATOR KOMPETENSI SOSIAL GURU
- PENGERTIAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
- Keterkaitan antara kompetensi sosial guru terhadap...
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
- FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
- Prinsip dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembela...
- Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Audio Visual
- Multimedia Pembelajara
- Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- HASIL BELAJAR
-
▼
Desember
(37)
0 komentar:
Posting Komentar