Sabtu, 22 November 2014

PENGERTIAN MATEMATIKA


Matematika adalah kumpulan konsep yang mempunyai stuktur sistematik, urut dengan alur logika yang jelas dan mempunyai hubungan antara 1 konsep dengan konsep yang lainnya.[1] Senada dengan pengertian di atas menurut James sebagaimana dikutip oleh Syarif Hermawan dalam Iis Hasanah, menyatakan bahwa:

Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan dengan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi kedalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.[2]
Menurut Russel sebagaimana dikutip oleh Hamzah B. Uno dkk.[3] matematika sebagai suatu studi dimulai dari pengkajian bagian-bagian yang sangat dikenal menuju arah yang tidak dikenal.
Di dalam lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 20 Tahun 2006 tentang Standar Isi, disebutkan bahwa pembelajaran matematika bertujuan supaya siswa memiliki kepampuan sebagai berikut[4]:
1.    Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, aktual, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
2.    Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.    Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model matematika dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.    Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.    Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa matematika sebagai suatu bidang ilmu yang merupakan alat pikir, berkomunikasi, dan alat untuk memecahkan berbagai persoalan praktis. Matematika juga merupakan salah satu pembelajaran yang ikut berperan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.



[1]Budi Manfaat. Op. Cit., hal.147
[2]Iis Hasanah. 2012. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan “SAVI” Terhadap Motivasi Belajar Matematika (Studi Pada Siswa SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon). Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati, hal. 4
[3]Hamzah B. Uno dkk. 2009. Op.Cit., hal. 108
[4]Ariyadi Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu, hal. 16

0 komentar: