Sabtu, 22 November 2014
PENGERTIAN MATEMATIKA
Matematika adalah kumpulan konsep yang
mempunyai stuktur sistematik, urut dengan alur logika yang jelas dan mempunyai
hubungan antara 1 konsep dengan konsep yang lainnya.[1]
Senada dengan pengertian di atas menurut James sebagaimana dikutip oleh Syarif
Hermawan dalam Iis Hasanah, menyatakan bahwa:
Matematika
adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep
yang berhubungan dengan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang
terbagi kedalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.[2]
Menurut Russel sebagaimana dikutip oleh
Hamzah B. Uno dkk.[3]
matematika sebagai suatu studi dimulai dari pengkajian bagian-bagian yang
sangat dikenal menuju arah yang tidak dikenal.
Di dalam lampiran Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 20 Tahun 2006 tentang Standar Isi,
disebutkan bahwa pembelajaran matematika bertujuan supaya siswa memiliki
kepampuan sebagai berikut[4]:
1.
Memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma, secara luwes, aktual, efisien, dan tepat, dalam
pemecahan masalah.
2.
Menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika.
3.
Memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan model matematika dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.
Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah.
5.
Memiliki
sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
Berdasarkan uraian diatas, dapat
disimpulkan bahwa matematika sebagai suatu bidang ilmu yang merupakan alat
pikir, berkomunikasi, dan alat untuk memecahkan berbagai persoalan praktis.
Matematika juga merupakan salah satu pembelajaran yang ikut berperan dalam
dunia pendidikan khususnya di sekolah.
[2]Iis Hasanah. 2012. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan
“SAVI” Terhadap Motivasi Belajar Matematika (Studi Pada Siswa SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten
Cirebon).
Skripsi. Tidak
diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati, hal. 4
[4]Ariyadi Wijaya.
2012. Pendidikan Matematika Realistik;
Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu, hal. 16
Label:matematika
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2014
(52)
-
▼
November
(12)
- Faktor – faktor yang mempengaruhi hasil belajar
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar
- PENGERTIAN KEMANDIRIAN BELAJAR
- PENGERTIAN MATEMATIKA
- KOMPETENSI GURU
- KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
- PENGERTIAN KEMAMPUAN
- PENGERTIAN KOMUNIKASI
- PENGERTIAN MATEMATIKA
- HAKIKAT BELAJAR
- PENGERTIAN SISWA
- HAKIKAT MATEMATIKA
-
▼
November
(12)
0 komentar:
Posting Komentar